RSS Feed

Penemu Bersejarah

Posted by Rizki Labels:

Edisi Pertama

Penemu Mesin uap Adalah James Watt Berasal dari Negara Inggris
Penemu Mesin 4 tak Adalah Nicolaus Otto Berasal dari Negara Jerman
Penemu Mesin diesel Adalah Rudolf Diesel Berasal dari Negara Jerman
Penemu Mesin cetak Adalah Johannes Guttenberg Berasal dari Negara Jerman
Penemu Mesin ketik Adalah Christopher Sholes Berasal dari Negara Amerika
Penemu Radio Adalah C. Marconi Berasal dari Negara Italia
Penemu Televisi Adalah J.L. Baird & C.F. Jenkins Berasal dari Negara Amerika
Penemu Telegrap Adalah Samuel F.B. Morse Berasal dari Negara Amerika Serikat
Penemu Telepon Adalah Alexander Graham Bell Berasal dari Negara Amerika Serikat (Versi Lama)
Penemu Telepon Adalah Antonio Meucci Berasal dari Negara Italia (Versi Baru)
Penemu Dinamo Adalah Michael Faraday Berasal dari Negara Inggris
Penemu Elektromagnet Adalah Williarn Sturgeon Berasal dari Negara Inggris
Penemu Bola lampu Adalah Thomas Alva Edison Berasal dari Negara Amerika Serikat
Penemu Proyektor film Adalah Thomas Alva Edison Berasal dari Negara Amerika Serikat
Penemu Piringan hitam Adalah Alexander Graham Bell Berasal dari Negara Amerika Serikat
Penemu Batu baterai Adalah Volta Berasal dari Negara Italia
Penemu Termometer Adalah Galileo Galilei Berasal dari Negara Italia
Penemu Korek api Adalah Robert Boyle, John Walker Berasal dari Negara
Penemu Kapal api Adalah Robert Fulton Berasal dari Negara Amerika Serikat
Penemu Kapal selam Adalah Cornelius van Drebbel Berasal dari Negara Belanda
Penemu Sinar Rontgen Adalah Wilhelm Conrad Rontgen Berasal dari Negara Jerman
Penemu Stetoskop Adalah Rene Laennec Berasal dari Negara
Penemu Lensa Adalah Anthony Van Leuwenhook Berasal dari Negara Belanda
Penemu Mikroskop Adalah Zacharias Janssen Berasal dari Negara
Penemu Teleskop Adalah H. Lippershey Berasal dari Negara
Penemu Kamera Adalah Louis Jacques Monde da Guerre & Edwin Land Berasal dari Negara Amerika
Penemu Pesawat terbang Adalah Wilbur dan 0. Wright Berasal dari Negara Amerika
Penemu Kereta api Adalah Murdocks Berasal dari Negara Inggris
Penemu Sepeda Adalah Civrac Berasal dari Negara Prancis
Penemu Balon terbang Adalah Sir F. Whittle Berasal dari Negara
Penemu Balon karet Adalah Josep dan J. Montgolfier Berasal dari Negara
Penemu Ban karet Adalah Charles Goodyear Berasal dari Negara Amerika
Penemu Barometer Adalah Evangelista, Torricelli Berasal dari Negara Italia
Penemu Dinamit Adalah Alfred Nobel Berasal dari Negara Swedia
Penemu Lensa kaca mata Adalah Benyamin Franklin Berasal dari Negara
Penemu Mesin hitung Adalah Blaise Pascal Berasal dari Negara Prancis
Penemu Mobil Adalah Gottlich Daimler Berasal dari Negara
Penemu Motor Adalah Nikola Tesla Berasal dari Negara
Penemu Tank Adalah Sir Ernest Swinton Berasal dari Negara Inggris
Penemu Traktor Adalah Benyamin Holt Berasal dari Negara
Penemu Tangga jalan Adalah Elis G. Otis Berasal dari Negara
Penemu Kawat pijar Adalah Irving Langmuir Berasal dari Negara

Edisi Revisi Terbaru 2009

1. Mesin uap James Watt (Inggris), tahun 1765
2. Mesin 4 tak Nicolaus Otto (Jerman)
3. Mesin diesel Rudolf Diesel (AS), tahun 1897
4. Mesin cetak Johannes Guttenberg (Jerman)
5. Mesin tik Sholes, tahun 1868
6. Radio Marconi (Italia), tahun 1895
7. Televisi J. Lagie Baird dan C.F. Jenkins (Inggris)tahun 1920
8. Telegrap Samuel F.B. Morse (AS), tahun 1837
9. Telepon Alexander Graham Bell (AS), tahun 1876
10. Dinamo Michael Faraday (Inggris), tahun 1831
11 Elektromagnet William Sturgeon, tahun 1823
12. Bola lampu Thomas Alfa Edison (AS)
13. Proyektor film Thomas Alva Edison (AS), tahun 1893
14. Piringan Hitam Alexander Graham Bell (AS)
15. Batu baterei Volta (Italia)
16. Termometer Galileo Galilei (Italia), tahun 1593
17. Korek api John Walker
18. Kapal api Robert Fulton (AS), tahun 1807
19. Kapal selam Cornelius van Drebbel (Belanda)
20. Sinar Rontgen Wilhelm Conrad Rontgen (Jerman)
21. Stetoskop Rene Laennec
22. Lensa Anthony van Leuwenhook (Belanda)
23. Mikroskop Zacharias Jansens, tahun 1590
24. Teleskop H. Lippershey, tahun 1608
25. Kamera George Eastman, tahun 1888
26. Pesawat terbang Wilbur dan 0. Wright, tahun 1903
27. Kereta api Murdocks (Inggris)
28. Sepeda Civrac (Prancis)

Penemuan dari masa ke masa :

kl 4000 SM Batu-bata Mesir dan Assiria
kl 3000 SM Roda Asia
kl 3000 SM Pembajak Sawah Mesir dan Mesopotamia
kl 500 SM Sempoa Cina
kl 300 SM Ilmu ukur Euclid, yunani
kl 200 SM Sekrup Archimedes, Yunani
105 M Kertas pulp Tsai Lun, Cina
250 Aljabar Diophanius, Yunani
kl 1000 Umpan peluru Cina
kl 1100 Kompas magnetik Cina
kl 1100 Roket Cina.
kl 1440 Mesin cetak Gutenberg, Jerman
kl 1520 Bedil rifle Josefh Kotter, Jerman
kl 1589 Bedil rajut William Lee, Inggris
kl 1590 Mikroskop Zacharies Janssen, Belanda
1593 Themometer Galileo Galilei, Italia
1608 Teleskop Hans Lippershey, Belanda
1614 Logaritma John Napier, Skollandia
1636 Micrometer William Gescoigne, Inggris
1637 Ilmu ukur koordinat Rene Descartes
1640 Teori jumlah Piere De Fermat, Prancis
1642 Mesin hitung Blaise Pascal, Prancis
1643 Barometer Evangelista Torricelli, Italia
1650 Pompa air Otto Von Guericke, Jerman
1656 Jam gandul Christian Huygens, Belanda
1665 Kalkulus Sir Issac Newlon, Inggris
1675 Panci masak cepat Denis Papin, Prancis
1698 Pompa uap Thomas Savery, Inggris
1712 Mesin uap Thomas Savery, Inggris
1714 Thermometer mercury Gabriel Fahrenheit, Jerman
1725 Stereo tip William Ged, Skolandia
1733 Shuttle penerbangan John Kay, Inggris
1735 Chronometer John Harrison, Inggris
1752 Anti petir Benyamin Franklin, Amerika
1765 Alat pintal James Hargreaves, Inggris
1765 Kondensor mesin uap James Watt, Skotlandia
1768 Hidrometer Antoine Baume, Prancis
1783 Parasut Louis Lenormand, Prancis
1785 Mesin tenun Edmund Cartwright, Inggris
1790 Mesin jahit Thomas Saint, Inggris
1793 Pemisah kapas Ali Whitney, Amerika
1796 Lithography Aloys Senefelder, Jerman
1800 Batterai Count Alessandro, Italia
1800 Mesin bubut Henry Maudslay, Inggris
1804 Kereta uap Richard Trevithick, Inggris
1815 Lampu tambang Sir Humphry Davy, Inggris
1816 Metronom Johan Malzel, Jerman
1816 Sepeda Karl von Sauerbronn, Jerman
1817 Kaleidoskop David Bretstwer, Skotlandia
1822 Kamera Joseph Niepce, Prancis.
1823 Mesin hitung digital Charles Babbage, Inggris
1824 Semen portland Joseph Aspdin, Inggris
1825 Magnet listrik William Sturgeon, Inggris
1826 Potret Joseph Niepce, Prancis
1827 Korek Api John Walker, Inggris
1828 Tanur (Tingi) James Neilson, Skotlandia
1831 Dinamo Michael Faraday, Inggris
1834 Mesin pemungut Cyrus Mc Cormik. Amerika
1836 Revolver Samuel Colt, Amerika
1837 Telegrap Samuel F.B. Morse, Amerika
1839 Karet vulkanisir Chales Goddyear, Amerika.
1844 Korek api Gustave Pasch, Swedia
1846 Mesin jahit Elias Howe, Amerika
1849 Peniti Walter Hunt, Amerika.
1852 Giroskop Leon Foucault, Prancis
1853 Lift penumpang Elisha Otis, Amerika
1855 Converter bessemer Henry Bessemer, Inggris.
1855 Pembakar bunsen Robert Bunsen, Jerman
1855 Film seleoid Alexander Parkes, Inggris
1858 Mesin cuci Hamilton Smith, Amerika
1859 Mesin pembakaran dalam Etienne Lenoir, Prancis
1861 Linolium Frederick Walton, Inggris
1862 Senjata api cepat Richard Gatling, Amerika
1865 Kunci silinder Linus Yale Jr. Amerika
1866 Dinamit Alfred Nobel, Swedia
1867 Mesin ketik Christopher Sholes, Amerika
1870 Mentega Hippolyte Mege-Mouries, Prancis
1873 Kawat duri Joseph Glidden, Amerika
1876 Telepon Alexander Graham Bell, Skotlandia
1876 Penyapu karpet Milville Bissell, Amerika
1877 Photographi Thomas Edison, Amerika
1878 Microphone David Edward Hughes, Inggris/AS
1879 Lampu pijar Thomas Edison, Amerika
1884 Pulpen Lewis Waterman, Amerika
1884 Mesin set linotip Ottmar Mergenthaler, Amerika
1885 Termos James Dewar, Skotlandia
1885 Sepeda Motor Edwar Butler, Inggris
1885 Transformer listrik William Stanley, Amerika
1886 Kipas listrik Schuyler Wheeler, Amerika
1886 Pengukir nada Fredrick Ives, Amerika
1887 Gramophone Emile Berliner, Jerman/Amerika,
1887 Monotip Tolbert Lanston, Amerika
1887 Mesin mobil Gottlieb Daimier dan Karl Benz, AS
1888 Ban angin John Boyd Dunlop, Skotlandia
1888 Kamera kodak George Eastman, Amerika
1890 Cetak benam Karl Klic, Cekoslowakia.
1892 Resleting Whitcomb Judson, Amerika
1895 Markoni Guglielmo Marconi, Italia.
1895 Sel fotoelektrik Julius Elster dan Hans Geitel, Jerman
1895 Pisau silet King C. Gillette, Amerika
1897 Mesin diesel Rudolf Diesel, Jerman
1898 Kapal selam John R Holland, Irlandia/Amerika
1899 Tape recorder Valdemar Poulsen, Denmark
1901 Penghisap debu Cecil Booth, Inggris
1902 Radio-telepon Reginald Fessenden, Amerika.
1903 Kapal terbang Wilbur dan Orville Wright, Amerika
1904 Dioda John Fleming, Inggris
1906 Trioda Lee De Forest, Amerika
1908 Bakelite Leo Baekeland, Belgia
1908 Kertas kaca Jacques Bran Denberger, Swis
1911 Mesin pungut panen Benyamin Holt, Amerika
1913 Pengukur radiasi Hans Geiger, Inggris
1914 Tank Ernest Swinton, Inggris
1915 Neon Irving Langmuir, Amerika
1918 Senapan otomatis John Browning, Amerika
1925 Televisi sistem kerja John Logie Baird, Skotlandia
1925 Pembeku makanan Clerance Birdseya, Amerika
1926 Roket (BBM cair) Robert H. Goddard, Amerika
1928 Pencukur listrik Jacob Schick, Amerika
1929 Televisi sistem listrik Vladimir Zworykin, Amerika
1930 Jet, mesin Frank Whittle, Inggris
1931 Atom, mesin pemecah Ernest Lawrence, Amerika
1935 Parkir, meter Carlton Magee, Amerika
1935 Radar Robert Watson-Watt, Skotlandia.
1935 Nilon Wallace Carothers, Amerika.
1939 Mikroskop listrik Vladimir Sqorykin, dkk Amerika
1944 Komputer, digit, otm. Howard Aiken, Amerika
1946 Komputer elektrik J. Prosper Eckert dan John W Mauchly,Amerika
1947 Kamera polaraid Edwin Land, Amerika
1948 Transistor John Bardeen, Walter Brattain dan William Shockley
1948 Foto copy Chaster Carlson, Amerika.
1948 Piringan hitam Peter Goldmark, Amerika
1954 Maset Charles H Townes, Amerika
1954 Baterai matahari D. Pearson C. Fuller, G. Pearson, AS
1955 Helikopter Christopher Cockerel, Inggris
1955 Kontraseptik, pil Gregory Pincus dan Others, Amerika.
1956 Video tape A. Poniatoff, Amerika
1959 Sel bahan bakar Francis Bacon, Inggris
1960 Laser Theodore Maiman, Amerika
1965 Holography D. Gabor, Hongaria
1971 Antenna EMI Godfrey Hounsfild, Inggris

*dirilis dari berbagai sumber by syadiashare.com

INSPIRASI

Posted by Rizki Labels:

KUMPULAN INSPIRASI

- Ketika Thomas Edison menciptakan bola lampu,
Ia telah mencoba lebh dari 2000 kali percobaan sebelumnya sebelum berhasil,
Seorang reporter muda bertanya kepadanya:
“Bagaimana rasanya gagal berkali-kali?”
Jawabnya:
“Aku tidak pernah gagal sekalipun,aku telah menciptakan bola lampu,hanya saja hal ini butuh pross ke-2000.

- Anda tidak pernah gagal, anda hanya menemukan cara yg tidak berhasil.

- Orang yang berhasil,akan mengambil keuntungan dari kesalahan kesalahannya dan mencoba lagi dg cara berbeda

- Kesalahan hanya suatu fakta kehidupan, yang dinilai adalah bagaimana anda menyikapi kesalahan itu.

- Kegagalan hanya berarti anda belum berhasil.

- Kegagalan tidak berarti anda tidak menyelesaikan sesuatu, tapi berarti anda telah belajar sesuatu.

-Kesalahan menunjukkan bahwa kita perlu belajar.

-Tidak ada kata GAGAL bagi orang yg “masih berjuang”

-Kegagalan hanyalah sebuah kesempatan bagi anda untuk mencoba lagi.

-Kita tak bisa belajar apa-apa kalau kita tak mau gagal pada pertama kalinya.

IT'S TIME TO CHANGE

Posted by Rizki Labels:

It’s time to change

Kesuksesan itu butuh waktu
Karena kesuksesan itu sebuah proses
Dan merupakan rangkaian percobaan
Yang akan membuat anda “berevolusi diri”
Menjadi suatu “jati diri” yang baru

Tak ada sesuatu yg indah
Yg bisa diraih dalam satu malam saja
Layaknya anak tangga

Kita harus melaluinya satu demi Satu demi satu
Demi tujuan hidup anda
It’s time to change…..!

A REASON

Posted by Rizki Labels:

A reason

Terkadang…
Banyak orang di usia muda
Yg sering menggunakan alas an “KEMISKINAN”
Untuk membuyarkan impian besarnya
Menjadi seorang yg sukses…

Sebenarnya…
Untuk sukses atau tidak,
Modal(uang) itu bukanlah alas an utama !
Yg penting adalah seberapa lama kamu
Mampu bertahan untuk mengejar impian dan
Cita-citamu tanpa mundur selangkah pun
Untuk menjadi “unstoppable person”.

be the best for yourself

Posted by Rizki Labels:

BE THE BEST FOR YOURSELF

Jika kamu tak dapat menjadi pohon cemara di puncak bukit sana,
Maka jadikan dirimu rumput,
Yg hijau menghampar anggun di lembah bukit.

Bila bukan rumput, semak belukar pun jadilah,
Sebagai pelindung bunga mawar nan indah.

Bila kau tak mampu membuat rimbun,
Jadilah hamparan rumput yg menghijau dimana mana,

Seandainya kau bukan ikan mas yg cantik,
Jadikan dirimu ikan sepat yglincah di payaumu.

Karna dalam hidup ini,
Tidak semua orang bisa jai Nahkoda,pemikir,pencipta atau penemu ternama,
Anda bisa menjadi awak kapal yg paling rajin dan baik di kapalmu,
Atau penumpang yg bijaksana.

Pasti ada sesuatu dalam dirimu,
Ada tugas berat,ada yang ringan,

Jika kau tak dapat menjadi Bulan,
Jadilah bintang yg berkilau,

Sesuatu itu bukan dilihat dari kalah atau menang,
Tetapi…
Jadilah yang terbaik untuk dirimu sendiri

MY FAVORITE CLASS

Posted by Rizki Labels:

X RPL 1 ?
Apaan tuch ???
Bagi kamu ya nggak skul di jurusan SMK TI pasti g tau !
RPL tu singkatan dari REKAYASA PERANGKAT LUNAK ya pokoknya kami diajarin mbuat program di komputer gitu lah!
Dan wooooooooooooow.............!
aku masuk di kelas X RPL1,
Hufh,awalnya sih kayaknya nyebelin bangetz !
Tapi.lama lama ternyata aku menyadari bahwa X RPL 1 tu anak-anaknya asyik2 bangetz!
setiap anak memiliki karakter sendiri-sendiri !
sekedar info ni, kelas ini terdiri dari 14 cowok dan 28 cewek !
wuuuuuuuih,kok banyakan ceweknya ya?
ya...iyalah.!
eeeeit,jangan salah,di kelas ni anak2 cowoknya kompaaaaaak bangetz, saking kompaknya sampe' hampir g ada pertengkaran di antara kita!
n dikelas ini tiap harinya selalu ada canda tawa !
dan kami semua harus berusaha untuk menunjukkan kalo X RPL 1, IS THE BEST, N always number one !
g percaya ???
u must believe it !
he....he....he...

Lirik lagu lady gaga-telephone

Posted by Rizki Labels:

Hello hello baby you called
I can't hear a thing
I have got no service
In the club, you say? say?
Wha-wha-what did you say huh?
You're breakin' up on me
Sorry I cannot hear you
I'm kinda busy
K-kinda busy
K-kinda busy
Sorry I cannot hear you I'm kinda busy

Just a second
It's my favorite song they're gonna play
And I cannot text you with a drink in my hand, eh?
You shoulda made some plans with me
You knew that I was free
And now you won't stop calling me
I'm kinda busy

Stop callin'
Stop callin'
I don't wanna think anymore
I got my head and my heart on the dancefloor
Stop callin'
Stop callin'
I don't wanna talk anymore
I got my head and my heart on the dancefloor

E-e-e-e-e-e-e-e-e-e-e
Stop telephonin'
Me-e-e-e-e-e-e-e-e-e-e
I'm busy e-e-e-e-e-e-e-e-e-e
Stop telephonin'
Me-e-e-e-e-e-e-e-e-e-e

Can call all you want but there's no one home
And you're not gonna reach my telephone
Out in the club
And I'm sippin that bubb
And you're not gonna reach my telephone
Call all you want, but there's no one home
And you're not gonna reach my telephone
Out in the club
And I'm sippin that bubb
And you're not gonna reach my telephone

Boy the way you blowing up my phone
Won't make me leave no faster
Put my coat on faster
Leave my girls no faster
I shoulda left my phone at home
'Cuz this is a disaster
Calling like a collector
Sorry, I cannot answer

Not that I don't like you
I'm just at a party
And I am sick and tired of my phone r-ringing
Sometimes I feel like I live in grand central station
Tonight I'm not takin' no calls
'Cuz I'll be dancin'
I'll be dancin'
I'll be dancin'
Tonight I'm not takin' no calls
Cuz I'll be dancin'

Stop callin'
Stop callin'
I don't wanna think anymore
I got my head and my heart on the dancefloor
Stop callin'
Stop callin'
I don't wanna talk anymore
I got my head and my heart on the dancefloor

Stop callin'
Stop callin'
I don't wanna think anymore
I got my head and my heart on the dancefloor
Stop callin'
Stop callin'
I don't wanna talk anymore
I got my head and my heart on the dancefloor

E-e-e-e-e-e-e-e-e-e-e
Stop telephonin'
Me-e-e-e-e-e-e-e-e-e-e
I'm busy e-e-e-e-e-e-e-e-e-e
Stop telephonin'
Me-e-e-e-e-e-e-e-e-e-e

Can call all you want but there's no one home
And you're not gonna reach my telephone
Cuz I'm out in the club
And I'm sippin that bubb
And you're not gonna reach my telephone
Call all you want but there's no one home
And you're not gonna reach my telephone
Cuz I'm out in the club
And I'm sippin that bubb
And you're not gonna reach my telephone

My telephone
Ma ma ma telephone
'Cuz I'm out in the club
And I'm sippin that bubb
And you're not gonna reach my telephone

My telephone
Ma ma ma telephone
Cuz I'm out in the club
And I'm sippin that bubb
And you're not gonna reach my telephone

(We're sorry, we're sorry
The number you have reached
Is not in service at this time
Please check the number, or try your call again)

Download Mp3 Lady gaga-telephone klik disini

Lirik Lagu knaan-wavin flag FIFA 2010 Theme

Posted by Rizki Labels:

[chorus:]
When I get older
I will be stronger
They'll call me 'Freedon'
just like a wavin' flag
and then it goes back, and then it goes back
and then it goes back, and then it goes . . .

Born to a throne, stronger than Rome
but violent-prone, poor people zone,
But it's my home, all I have known,
where I got grown, streets we would roam
Out of the darkness, I came the farthest
out of the hardest survival
Learn from these streets, it can be bleak,
accept no defeat, surrender retreat

[bridge:]
So we strugglin'
fightin' to eat
and we wonderin'
when we'll be free
so we patiently wait
for that fateful day
it's not far away,
but for now we say:

[chorus]

So many wars, settlin' scores,
bringing us promises, leaving us poor,
I heard them say, love is the way
love is the answer, that's what they say
But look how they treat us, make us believers
we fight their battles, then they deeive us
try to control us, they couldn't hold us
'cause we just move forward like Buffalo soldiers

Download mp3 knaan-wavin flag klik disini

Lirik lagu Rihanna - Rude boy

Posted by Rizki Labels:

Come here
Rude boy, boy
Can you get it up
Come here
Rude boy, boy
Is you big enough
Take it, take it
Baby, baby
Take it, take it
Love me
Love me

Come here
Rude boy, boy
Can you get it up
Come here
Rude boy, boy
Is you big enough
Take it, take it
Baby, baby
Take it, take it
Love me
Love me

Tonight
I'm a let you
Be the captain
Tonight
I'm a let you
Do your thing, yeah
Tonight
I'm a let you
Be a rider
Giddy up
Giddy up
Giddy up, babe

Tonight
I'm a let it
Be fire
Tonight
I'm a let you
Take me higher
Tonight
Baby we can
Get it on
Yeah we can get it on
Yeah

Do you like it boy?
I wa-wa-want
What you wa-wa-want
Give it to me baby
Like boom, boom, boom
What I wa-wa-want
Is what you wa-wa-want
Na, na
Ah, ah

Come here
Rude boy, boy
Can you get it up
Come here
Rude boy, boy
Is you big enough
Take it, take it
Baby, baby
Take it, take it
Love me
Love me

Come here
Rude boy, boy
Can you get it up
Come here
Rude boy, boy
Is you big enough
Take it, take it
Baby, baby
Take it, take it
Love me
Love me

Tonight
I'm a give it
To you harder
Tonight
I'm a turn
Your body out
Relax
Let me do it
How I wanna
If you got it
I need it
And I'm a put it down

Buckle up
I'm a give it to you
Stronger
Hands up
We can go a little
Longer
Tonight
I'm a get a little
Crazy
Get a little crazy
Baby

Do you like it boy?
I wa-wa-want
What you wa-wa-want
Give it to me baby
Like boom, boom, boom
What I wa-wa-want
Is what you wa-wa-want
Na, na
Ah, ah

Come here
Rude boy, boy
Can you get it up
Come here
Rude boy, boy
Is you big enough
Take it, take it
Baby, baby
Take it, take it
Love me
Love me

Come here
Rude boy, boy
Can you get it up
Come here
Rude boy, boy
Is you big enough
Take it, take it
Baby, baby
Take it, take it
Love me
Love me

I like the way
You touch me there
I like the way
You pull my hair
Baby, fight
Don't feel it
I ain't faking
No, no

I like
When you tell me
Kiss it there
I like
When you tell me
Move it there

So get it up
Time to get it up
You say you're a rude boy
Show me what you got
Now

Come here right now

Take it, take it
Baby, baby
Take it, take it
Love me
Love me

Come here
Rude boy, boy
Can you get it up
Come here
Rude boy, boy
Is you big enough
Take it, take it
Baby, baby
Take it, take it
Love me
Love me

Come here
Rude boy, boy
Can you get it up
Come here
Rude boy, boy
Is you big enough
Take it, take it
Baby, baby
Take it, take it
Love me
Love me

Love me
Love me
Love me
Love me
Love me
Love me

Take it, take it
Baby, baby
Take it, take it
Love me
Love me

Love me
Love me
Love me
Love me
Love me
Love me

Take it, take it
Baby, baby
Take it, take it
Love me

Download mp3 rihanna-rude boy klik disini

Lirik Lagu Owl City - Fireflies

Posted by Rizki Labels:

You would not believe your eyes
If ten million fireflies
Lit up the world as I fell asleep
Cuz they fill the open air
And leave teardrops everywhere
You think me rude, but I would just stand and stare

I'd like to make myself believe
That planet earth turns slowly
It's hard to say that I'd rather stay awake when I'm asleep
Cuz everything is never as it seems

Cuz I get a thousand hugs
From ten thousand lightning bugs
As they try to teach me how to dance
A foxtrot above my head
A sockhop beneath my bed
The disco ball is just hanging by a thread (thread, thread)

I'd like to make myself believe
That planet earth turns slowly
It's hard to say that I'd rather stay awake when I'm asleep
Cuz everything is never as it seems (when I fall asleep)

Leave my door open just a crack
(Please take me away from here)
Cuz I feel like such an insomniac
(Please take me away from here)
Why do I tire of counting sheep?
(Please take me away from here)
When I'm far to tired to fall asleep

To ten million fireflies
I'm weird cuz I hate goodbyes
I got misty eyes as they said farewell (said farewell)
But I know where several are
If my dreams get real bizarre
Cuz I saved a few and I keep 'em in a jar

I'd like to make myself believe
That planet earth turns slowly
It's hard to say that I'd rather stay awake when I'm asleep
Cuz everything is never as it seems (when I fall asleep)

I'd like to make myself believe
That planet earth turns slowly
It's hard to say that I'd rather stay awake when I'm asleep
Cuz everything is never as it seems (when I fall asleep)

I'd like to make myself believe
That planet earth turns slowly
It's hard to say that I'd rather stay awake when I'm asleep
Because my dreams are bursting at the seams

Download lagu owl city - fieflies klik disini

Lirik Lagu Greenday - 21 guns

Posted by Rizki Labels:

Do you know what's worth fighting for,
When it's not worth dying for?
Does it take your breath away
And you feel yourself suffocating?
Does the pain weigh out the pride?
And you look for a place to hide?
Did someone break your heart inside?
You're in ruins.

One, 21 guns
Lay down your arms
Give up the fight
One, 21 guns
Throw up your arms into the sky,
You and I

When you're at the end of the road
And you lost all sense of control
And your thoughts have taken their toll
When your mind breaks the spirit of your soul
Your faith walks on broken glass
And the hangover doesn't pass
Nothing's ever built to last
You're in ruins.

One, 21 guns
Lay down your arms
Give up the fight
One, 21 guns
Throw up your arms into the sky,
You and I

Did you try to live on your own
When you burned down the house and home?
Did you stand too close to the fire?
Like a liar looking for forgiveness from a stone

When it's time to live and let die
And you can't get another try
Something inside this heart has died
You're in ruins.

One, 21 guns
Lay down your arms
Give up the fight
One, 21 guns
Throw up your arms into the sky (x2)

Download lagu greenday-21 guns klik disini
You and I.

Tebak tebakan lucu

Posted by Rizki Labels:

Bedak Apa yang Tidak DiJual?

Jawabannya : Bedak Bercula Satu

Lele Apa Yang Jago Maen Bulutangkis
Jawabannya : LELEana natsir

Ban Apa yang Bisa Menyeruduk?
Jawabannya : Banteng

Bulu Apa Yang Masuk Ke Dalam Daftar 7 Keajaiban Dunia ?
Jawabannya : Candi BuluBudur

Game apa yang sangat mengerikan?
Jawabannya : GAMEpa bumi (gempa bumi)

Kenapa Orang Buang Air Dibawah Pohon?

Dul : "Kenapa umumnya orang yang bepergian atau dalam perjalanan, ketika hendak kencing/buang air, kebanyakan melepaskan hajatnya dibawah pohon ?"

Jang : "Supaya tidak kelihatan orang, dong"

Dul : "Salah."

Jang : "Supaya pohonnya subur karena diberi pupuk."

Dul : "Salah lagi"

Jang : "Truss, apaan dong,.."

Dul : "Yang bener adalah, kalau mesti naik pohon dulu kan repot,...hihihihi"

Jang : "..!?!?!?!?@#$$"

Hewan paling berwarna di dunia

Posted by Rizki Labels:

bukan ular,katak,burung,dan bukan ikan
siapakah dia???

kenalkan Nudibranch, makhluk sejenis siput yg hidup di dasar laut. Badan nya lembek seperti siput tetapi mereka buta dan mereka mengandalkan panca indra mereka pada bau dan peraba.

dan ini bukti bahwa mereka emang "BERWARNA" dan indah...

walaupun mungkin geli pegang nya

Artikel Keren tentang Laut Mati

Posted by Rizki Labels:

Laut Mati ialah danau yang membujur di daerah antara Israel, Daerah Otoritas Palestina dan Yordania. Di 417,5 m di bawah permukaan laut, merupakan titik terendah di permukaan bumi.
Laut Mati amat asin, yang membuatnya tak mungkin bagi makhluk hidup untuk hidup. Inilah alasan namanya. Bagaimanapun, ini tak benar-benar mati, karena beberapa jenis bakteri bisa hidup di sini.
Karena airnya begitu asin, orang bisa mengapung dengan mudah di Laut Mati tanpa kesulitan. Wisatawan datang dari seluruh dunia untuk mengapung di sini.
keren gan bisa ngapung

Lebah Punah Karna Ponsel ??

Posted by Rizki Labels:

Lebah dan ponsel kedengarannya memang tidak berhubungan, namun ada dugaan radiasi yang disebabkan ponsel menjadi penyebab penurunan drastis populasi lebah saat ini. Seperti dikutip harian Inggris, Independent, tanda-tanda punahnya lebah telah terlihat di berbagai kawasan di Eropa, seperti Jerman, Spanyol, Italia, Yunani, dan juga Inggris. Sebelumnya, penurunan drastis populasi lebah telah terjadi di Amerika Serikat, dengan hilangnya 60% populasi dikawasan Pantai Barat dan 70% dikawasan Pantai Timur.

Fenomena punahnya lebah ini dikenal dengan nama Colony Collapse Disorder atau CCD. CCD terjadi ketika para lebah tiba-tiba menghilang, meninggalkan ratu lebah, telur, dan lebah yang masih kecil, mati terlantar di sarangnya. Ada banyak dugaan mengapa lebah pekerja tidak kembali ke sarangnya dan salah satu teori yang belakangan mengemuka adalah radiasi mengganggu sistem navigasi lebah, mengakibatkan lebah kebingungan dan tidak bisa kembali ke sarangnya.

Beberapa penelitian menunjukkan kebenaran dugaan tersebut. Penelitian awal di Landau University, Inggris, memperlihatkan lebah pekerja tidak bisa kembali ke sarangnya ketika ada ponsel didekat sarang tersebut. Hal ini sejalan dengan penelitian di Jerman yang menyimpulkan lebah akan berubah perilakunya didekat kawat listrik.

Jika ditarik lebih jauh, punahnya lebah bisa berefek serius pada kehidupan makhluk hidup di muka bumi ini. Pasalnya, lebah dibutuhkan mayoritas tumbuh-tumbuhan untuk membantu proses penyerbukan. Jika lebah tidak ada lebah, maka proses penyerbukan-pun akan menjadi terganggu, dan seluruh rantai kehidupan menjadi terancam. Bahkan, Albert Einstein pernah mengatakan, jika lebah punah, manusia akan bertahan hidup selama 4 tahun. Jadi, apakah ponsel akan mengakibatkan punahnya kehidupan di muka bumi ini? Kita tunggu saja...

Program Kasir Sederhana

Posted by Rizki Labels:

uses crt;
var
f:string;
a:longint;
b:longint;
c:longint;
d:real;
e:real;
begin
clrscr;
writeln('masukkan namabarang=');readln(f);
write('masukkan jumlah barang=');readln(a);
write('masukkan harga barang=');readln(b);
c:=a*b;
writeln('total=',c);
if a>=50 then
d:= (c*10)/100;
writeln('discon=',d);
if a>=100 then
d:= (c*15)/100;
writeln('discon=',d);
e:= c-d;
writeln('anda harus membayar =',e);
readln;
end.

Beberapa Statemen Turbo Pascal

Posted by Rizki Labels:

Statemen adalah perintah untuk pengerjaan program pascal.
Statemen terletak di bagian deklarasi statemen dengan diawali oleh kata cadangan BEGIN dan diakhiri dengan kata cadangan END. Akhir dari setiap statemen diakhiri dengan titik koma [;].
Statemen statemen dalam bahasa Pascal terdiri dari pernyataan yang berupa fungsi dan prosedur yang telah disediakan sebagai perintah standar Turbo Pascal.


1. Statemen-statemen yang digunakan untuk input/output.

# Read/Readln [prosedur].


Perintah ini digunakan untuk memasukkan [input] data lewat keyboard ke

dalam suatu variabel.

Sintaks: Read/Readln(x); (ingat, selalu diakhiri dengan titik koma [;])

Keterangan : x = variabel.

Read = pada statemen ini posisi kursor tidak

pindah ke baris selanjutnya.

Readln = pada statemen ini posisi kursor akan

pindah ke baris selanjutnya setelah di

input.


# Write/Writeln [prosedur].


Digunakan untuk menampilkan isi dari suatu nilai variable di

layar.

Sintaks: Write/Writeln(x);

Keterangan : x = variabel.

Write/Writeln= statement ini digunakan untuk mencetak variable ke dalam monitor


2. Statemen-statemen yang digunakan untuk pengaturan letak layar.


# ClrScr [prosedur].


Perintah ini digunakan untuk membersihkan layar.

sintaks: ClrScr; 􀃆[Clear screen]

Fungsi menu pada Pascal

Posted by Rizki Labels:

1. Menu File : Didalam menu File banyak submenu yang bisa dipilih misalkan saja perintah Load / F3 yang berfungsi untuk memanggil berkas yang sudah tersimpan, dan banyak lainnya.
2. Submenu Load : Pilihan ini digunakan untuk memanggil program dari suatu folder atau directory ke dalam editor. Didalam submenu ini anda juga bisa memilih submenu yang lain dengan hanya menekan tombol huruf depan dari submenu yang dituju, contohnya anda mau ke submenu New, maka anda tinggal menekan huruf N.
3. Submenu Pick : Pilihan yang satu ini digunakan untuk mengambil salah satu dari beberapa buah program yang sebelumnya telah dimuat ke dalam jendela Edit. Hal ini ditujukan agar kita tidak perlu repot-repot lagi mencarinya di submenu load.
4. Submenu New :Program yang ada di editor akan dihapus dan program yang akan anda tulis dianggap sebagai program yang baru dengan nama NONAME.PAS, nama ini bisa anda rubah ketika anda mau menyimpannya.
5. Submenu Save [F2] : Pilihan ini digunakan untuk menyimpan suatu program yang sudah di edit ke dalam cakram atau folder, jika nama program itu masih NONAME.PAS maka Turbo Pascal akan menanyakan pada anda, nama apa yang akan anda berikan pada program yang akan disimpan tersebut. Atau anda juga bisa menekan tombol F2.
6. Submenu Write to : pilihan ini digunakan untuk menggantikan program lama dengan program yang baru (istilah kerennya Overwrite…☺). Jika nama program anda sudah ada pada cakram atau folder maka ada verifikasi dari Turbo Pascal untuk penggantian nama.
7. Submenu Directory : pilihan ini digunakan untuk menampilkan direktori dan nama-nama file yang anda inginkan. Anda juga bisa menggunakan pilihan Load.
8. Submenu Change Dir : Pilihan yang satu ini digunakan untuk menampilkan direktori yang sedang digunakan dan juga bisa digunakan untuk mengganti nama direktori yang baru.
9. Submenu OS shell : Perintah ini digunakan bagi anda yang ingin ke tampilan DOS tetapi tanpa mematikan Turbo Pascalnya, untuk kembali lagi ke Turbo Pascal, anda tinggal mengetikan “exit”, tetapi biasanya ketika anda sedang membuat suatu program atau mengedit suatu program perintah ini tidak dapat dijalankan karena kurangnya kapasitas memory.
10. Submenu Quit [Alt + x] : Dari namanya sudah jelas, perintah ini digunakan untuk keluar dari Turbo Pascal dan kembali ke prompt DOS.

11. Menu Edit : Perintah edit ini digunakan untuk mengaktifkan editor Turbo Pascal.
12. Menu Run [Ctrl + F9] : Perintah ini digunakan untuk mengeksekusi program yang sudah anda buat. Anda juga bisa menekan Ctrl + F9 untuk mengeksekusi program anda.
13. Submenu Program Reset [Ctrl + F2] : Pilihan ini digunakan untuk memberitahukan Turbo Pascal bahwa anda selesai dengan pembetulan-pembetulan dan menginisialisasi debugger untuk operasi yang lain. Pilihan ini sekaligus membebaskan pengingat yang telah dialokasikan dan menutup semua berkas, tetapi tidak merubah nilai-nilai perubah. Pilihan ini sangat berguna jika anda ingin menjalankan pilihan File / OS shell.
14. Submenu Go to Cursor [F4] : Pilihan ini digunakan untuk memulai / melanjutkan eksekusi program dimulai dari posisi saat eksekusi dimulai sampai tempat kursor berada. Jika kursor berada pada statement yang bersifat executable, seperti spasi atau baris komentar, maka eksekusi akan dilanjutkan sampai statement yang bersifat executable.
15. Submenu Trace Into [F7] :Perintah ini digunakan untuk mengeksekusi baris berikutnya, jika ada pemanggilan ke suatu subrutin, maka pelacakan akan dimulai dari statement pertama dari subrutin tersebut. Sekaligus juga akan memuat berkas-berkas atau unit Include jika dimungkinkan.
16. Submenu Step Over : Step over ini memiliki cara kerja yang hampir sama dengan Trace Into, hanya saja jika statement adalah sebuah prosedur atau fungsi, maka keseluruhan subrutin akan dikerjakan sekaligus dan debugger akan berhenti pada statement sesudah pemanggilan ke subrutin.
17. Submenu User screen [Alt + F5] : Pada umumnya perintah ini digunakan untuk melihat hasil dari program yang telah compile dan kita run. Pada tampilan ini IDE [Integrated Debugger Environment] berpindah-pindah pada saat anda menjalankan dan mendebug program. Perintah ini juga digunakan oleh File / OS shell.

Contoh Case Of Pascal

Posted by Rizki Labels:

Contoh Case …Of perhitungan berat dan harga barang


Ketentuan soal :
1. Kualitas Barang di masukkan
Kualitas Harga Per Kg
A/a 1000
B/b 750
C/c 500

Uses crt;
Var
Berat,harga,hargaperkg:integer;
Kualitas:char;
Begin
Clrscr;
Write(‘ Massukkan Kualitas Buah [A/B/C] : ‘); readln(kualitas);
Write(‘ Berapa Kg berat yang di beli : ‘ ); readln(berat);
Case kualitas of
‘A’,’a’: hargaperkg:=1000;
‘B’,’b’: hargaperkg:=750;
‘C’,’c’: hargaperkg:=500;
Else
Begin
Hargaperkg:=0;
Writeln(‘Salah Input’);
End;
End;

Harga:=hargaperkg*berat;
Writeln(‘ Harga Per Kg : Rp.’,hargaperkg);
Writeln(‘ Harga Total : Rp.’,harga);
End.

Contoh Program Pascal If Perhitungan Gaji

Posted by Rizki Labels:

Uses crt;
Var nama:string[20];jabatan:string;
Gaji:longint;
Tunj,ppn,gajibersih:real;
Begin
Clrscr;
Write(‘Nama Karyawan : ‘); readln(nama);
Write(‘Masukkan Jabatan : ‘); readln(jabatan);
If (jabatan=’Direktur’) or (jabatan=’direktur’) then
Begin
Gaji:=3000000;
Tunj:=0.1* gaji;
End
Else If (jabatan=’Manager’) or (jabatan=’manager’) then
Begin
Gaji:=2000000;
Tunj:=0.05* gaji;
End
Else If (jabatan=’Karyawan’) or (jabatan=’karyawan’) then
Begin
Gaji:=1000000;
Tunj:=0.1* gaji;
End
Else
Begin
Gaji:=800000;
Tunj:=0.1* gaji;
End;
Writeln(‘Gaji Bersih : Rp.‘,gaji);
Writeln(‘Tunjangan Jabatan : Rp.‘,tunj:9:2);
Ppn:=0.1*gaji;
Writeln(‘PPN 10 % : Rp.‘,ppn:9:2);
Total:=(gaji+total)-ppn;
Writeln(‘Total Gaji : Rp.‘,total:9:2);
Readln;
End.

Program Penghitung Luas segitiga

Posted by Rizki Labels:

uses crt;
var
alas,tinggi:integer;
procedure hitung_luas(a,t:integer);
var
luas:real;
begin
clrscr;
luas:=a*t/2;
writeln('Luas segitiga =',luas);
end;
begin
writeln('Masukkan alas =');readln(alas);
writeln('Masukkan tinggi =');readln(tinggi);
hitung_luas(alas,tinggi);
readln;
end.

Membuat File txt Melalui Pascal

Posted by Rizki Labels:

uses crt;
var
Tulisan:text;
a,b:byte;
c:byte;
begin
clrscr;
writeln('Masukkan Angka 1 =');readln(a);
writeln('Masukkan Angka 2 =');readln(b);
c:=a+b;
writeln('Jadi nilainya adalah =',c);
assign(Tulisan,'hitung.txt');
rewrite(Tulisan);
write(tulisan,a);
write(Tulisan,'+');
write(Tulisan,b);
write(Tulisan,'=');
write(Tulisan,c);
Close(Tulisan);
readln;
end.

Program Pencari Biaya Dan Grade

Posted by Rizki Labels:

uses crt;
var
nilai:byte;
begin
clrscr;
Write('masukkan Nilai anda =');Readln(nilai);

if nilai>0 then
begin
Writeln('GRADE = O ');
Writeln('Besar biaya = Rp.550000');
end
else

if nilai<=1 then begin Writeln('GRADE = E '); Writeln('Besar biaya = Rp.450000'); end else if nilai<=40 then begin Writeln('GRADE = D'); Writeln('Besar biaya = Rp.350000'); end else if nilai<=60 then begin Writeln('GRADE = C'); Writeln('Besar biaya = Rp.250000'); end Else if nilai<=70 then begin Writeln('GRADE = B'); Writeln('Besar biaya = Rp.150000'); end else begin If nilai >=100 then
Writeln('GRADE = A');
Writeln('Besar biaya = Rp.50000');
end;
readln;
end.

Program Pencari Predikat

Posted by Rizki Labels:

USES CRT;
VAR
nilai:byte;
A,B,C,D:string;
begin
clrscr;
write ('masukkan nilai=');readln(nilai);
if nilai< 69 then
writeln('predikat D');
if nilai<79then
writeln ('predikat C');
if nilai<90 then
writeln ('predikat B');
if nilai<101 then
writeln('predikat A');
readln;
end.

Konversi bilangan Desimal Ke Biner

Posted by Rizki Labels:

USES CRT;
VAR Des:integer;
Bin:string;
begin
clrscr;
writeln('PROGRAM KONVERSI MENGUBAH BILANGAN DECIMAL KE BINER');
write('Masukkan bilangan Decimal=');
readln(Des);
Bin:=’’;
repeat
begin

{menghitung biner dari hasil bagi}

If Des mod 2=0 then Bin:='0'+Bin
else Bin:='1'+Bin;

{membagi bulat bilangan desimal}

Des:= Des div 2;
end;
Until Des=0;
Writeln('Bilangan Biner =',Bin);
readln;
end.

Membuat Tulisan Berjalan Pada Pascal

Posted by Rizki Labels:

uses crt;

var

x,y:byte;

begin

clrscr;

x:=1;

y:=5;

repeat

delay(200);

gotoxy(x-1,y);write(' ');

gotoxy(x,y);write('maju');

x:=x+1;

until(x>25);

x:=25;

y:=10;

repeat

delay(200);

gotoxy(x+15,y);write(' ');

gotoxy(x,y);write('mundur');

x:=x-1;

until(x=1);

x:=1;

y:=12;

repeat

delay(200);

gotoxy(x,y-1);write(' ');

gotoxy(x,y);write('bawah');

y:=y+1;

until(y>25);

x:=20;

y:=25;

repeat

delay(200);

gotoxy(x,y+1);write(' ');

gotoxy(x,y);write('atas');

y:=y-1;

until(y<11);

readln;

end.

Keterangan :
KSetelah Program dijalankan, maka kata atas akan bergerak keatas dan seterusnya,
X dan Y adalah letak koordinat kata yang akan dibuat berjalan


Selamat mencoba

Program Kasir Sederhana (2)

Posted by Rizki Labels:

uses crt;
var
NB:string;
HB:longint;
JB:integer;
TB:longint;
begin
clrscr;
write('Masukkan Nama Barang :');readln(NB);
Writeln('Masukkan Harga Barang :');readln(HB);
writeln('Masukkan Total barang :');readln(JB);
TB:=(HB*JB);
writeln('Total Bayar :',TB);
readln;
end.

Program Kasir Sederhana

Posted by Rizki Labels:

uses crt;
var
f:string;
a:longint;
b:longint;
c:longint;
d:real;
e:real;
begin
clrscr;
writeln('masukkan namabarang=');readln(f);
write('masukkan jumlah barang=');readln(a);
write('masukkan harga barang=');readln(b);
c:=a*b;
writeln('total=',c);
if a>=50 then
d:= (c*10)/100;
writeln('discon=',d);
if a>=100 then
d:= (c*15)/100;
writeln('discon=',d);
e:= c-d;
writeln('anda harus membayar =',e);
readln;
end.

Struktur Pascal

Posted by Rizki Labels:

1. Bagian Judul Program
2. Blok Program
a. Bagian Deklarasi
– Deklarasi tipe data (TYPE)
– Deklarasi variabel (VAR)
– Deklarasi konstanta (CONST)
– Deklarasi label (LABEL)
– Deklarasi sub-program (PROCEDURE dan FUNCTION)
b. Bagian Program Utama Perintah-perintah atau Pernyataan
Struktur Program Pascal Paling Sederhana
begin
statement-statement;
end.

Contoh Program Sederhana
begin
writeln(‘Saya sedang belajar Pascal’);
writeln(‘————————–’)
end.

Beberapa Statemen Turbo Pascal

Posted by Rizki Labels:

Statemen adalah perintah untuk pengerjaan program pascal.
Statemen terletak di bagian deklarasi statemen dengan diawali oleh kata cadangan BEGIN dan diakhiri dengan kata cadangan END. Akhir dari setiap statemen diakhiri dengan titik koma [;].
Statemen statemen dalam bahasa Pascal terdiri dari pernyataan yang berupa fungsi dan prosedur yang telah disediakan sebagai perintah standar Turbo Pascal.


1. Statemen-statemen yang digunakan untuk input/output.

# Read/Readln [prosedur].


Perintah ini digunakan untuk memasukkan [input] data lewat keyboard ke

dalam suatu variabel.

Sintaks: Read/Readln(x); (ingat, selalu diakhiri dengan titik koma [;])

Keterangan : x = variabel.

Read = pada statemen ini posisi kursor tidak

pindah ke baris selanjutnya.

Readln = pada statemen ini posisi kursor akan

pindah ke baris selanjutnya setelah di

input.


# Write/Writeln [prosedur].


Digunakan untuk menampilkan isi dari suatu nilai variable di

layar.

Sintaks: Write/Writeln(x);

Keterangan : x = variabel.

Write/Writeln= statement ini digunakan untuk mencetak variable ke dalam monitor


2. Statemen-statemen yang digunakan untuk pengaturan letak layar.


# ClrScr [prosedur].


Perintah ini digunakan untuk membersihkan layar.

sintaks: ClrScr; 􀃆[Clear screen]

Dasar Program Pascal

Posted by Rizki Labels:

Unsur-unsur Pemrograman
a. Mendapatkan data dengan membaca data dari default input (key board, file atau sumber data lainnya).
b. Menyimpan data ke dalam memori dengan struktur data yang sesuai,
c. Memproses data dengan instruksi yang tepat.
d. Menyajikan atau mengirimkan hasil olahan data ke default output (monitor, file atau tujuan lainnya).

Nama yang dipergunakan du dalam program Pascal disebut dengan pengenal atau Identifier. Identifier digunakan untuk nama: Program, Sub-program (procedure dan function), nama: Variable, Constant, Type, Label.
Nama-nama ini digunakan untuk pemakaian dan pemanggilan dalam program. Ketentuan penulisan identifier
a. Nama identifier harus dimulai dengan karakter huruf alfabet: a sampai z, A sampai Z atau karakter ‘_’ (underscore – garis bawah)
b. Karakter berikutnya boleh karakter numerik (0 .. 9) atau kombinasi alphanumerik (huruf-numerik).
c. Panjang nama, pada berbagai versi Pascal umumnya antara 32 – 63.
d. Tidak boleh menggunakan karakter istimewa: + – * / | \ = < > [ ] . , ; : ( ) ^ @ { } $ # ~ ! % & ` ” ‘ dan ? Contoh penulisan:
Penulisan yang benar: NamaMahasiswa, Gaji_Karyawan, PX4, dll.
Penulisan yang salah: 3X, A & B, C Z dll.

Variable adalah identifier yang berisi data yang dapat berubah-ubah nilainya di dalam program. Deklarasi Variable adalah :
a. Memberikan nama variabel sebagai identitas pengenal
b. Menentukan tipe data variabel
Contoh deklarasi variabel: var X : integer;
R : real;
C : char;
T : boolean;
Konstanta adalah identifier yang berisi data yang nilainya tidak berubah di dalam program.
Deklarasi Konstanta adalah:
a. Memberikan nama konstanta sebagai identitas pengenal
b. Menentukan nilai konstanta
Contoh deklarasi konstanta: conts MaxSize = 100; {integer}
ExitC = ‘Q’; {char}

Reserved Words atau kata-kata cadangan pada Pascal adalah kata-kata yang sudah didefinisikan oleh Pascal yang mempunyai maksdu tertentu.Suatu Unit adalah kumpulan dari konstanta, tipe-tipe data, variabel, prosedur dan fungsi-fungsi. Unit standar pada Pascal yang bisa langsung digunakan adalah System, Crt, Printer Dos dan Graph. Untuk menggunakan suatu unit, maka kita harus meletakkan clausa atau anak kalimat Uses di awal blok program, diikuti oleh daftar nama unit yang digunakan. Pada materi ini yang akan dibahas adalah unit Crt. Unit ini digunakan untuk memanipulasi layar teks (windowing, peletakan cursor di layar, Color pada teks, kode extended keyboard dan lain sebagainya.

Dasar Program Pascal

Posted by Rizki Labels:

Unsur-unsur Pemrograman
a. Mendapatkan data dengan membaca data dari default input (key board, file atau sumber data lainnya).
b. Menyimpan data ke dalam memori dengan struktur data yang sesuai,
c. Memproses data dengan instruksi yang tepat.
d. Menyajikan atau mengirimkan hasil olahan data ke default output (monitor, file atau tujuan lainnya).

Nama yang dipergunakan du dalam program Pascal disebut dengan pengenal atau Identifier. Identifier digunakan untuk nama: Program, Sub-program (procedure dan function), nama: Variable, Constant, Type, Label.
Nama-nama ini digunakan untuk pemakaian dan pemanggilan dalam program. Ketentuan penulisan identifier
a. Nama identifier harus dimulai dengan karakter huruf alfabet: a sampai z, A sampai Z atau karakter ‘_’ (underscore – garis bawah)
b. Karakter berikutnya boleh karakter numerik (0 .. 9) atau kombinasi alphanumerik (huruf-numerik).
c. Panjang nama, pada berbagai versi Pascal umumnya antara 32 – 63.
d. Tidak boleh menggunakan karakter istimewa: + – * / | \ = < > [ ] . , ; : ( ) ^ @ { } $ # ~ ! % & ` ” ‘ dan ? Contoh penulisan:
Penulisan yang benar: NamaMahasiswa, Gaji_Karyawan, PX4, dll.
Penulisan yang salah: 3X, A & B, C Z dll.

Variable adalah identifier yang berisi data yang dapat berubah-ubah nilainya di dalam program. Deklarasi Variable adalah :
a. Memberikan nama variabel sebagai identitas pengenal
b. Menentukan tipe data variabel
Contoh deklarasi variabel: var X : integer;
R : real;
C : char;
T : boolean;
Konstanta adalah identifier yang berisi data yang nilainya tidak berubah di dalam program.
Deklarasi Konstanta adalah:
a. Memberikan nama konstanta sebagai identitas pengenal
b. Menentukan nilai konstanta
Contoh deklarasi konstanta: conts MaxSize = 100; {integer}
ExitC = ‘Q’; {char}

Reserved Words atau kata-kata cadangan pada Pascal adalah kata-kata yang sudah didefinisikan oleh Pascal yang mempunyai maksdu tertentu.Suatu Unit adalah kumpulan dari konstanta, tipe-tipe data, variabel, prosedur dan fungsi-fungsi. Unit standar pada Pascal yang bisa langsung digunakan adalah System, Crt, Printer Dos dan Graph. Untuk menggunakan suatu unit, maka kita harus meletakkan clausa atau anak kalimat Uses di awal blok program, diikuti oleh daftar nama unit yang digunakan. Pada materi ini yang akan dibahas adalah unit Crt. Unit ini digunakan untuk memanipulasi layar teks (windowing, peletakan cursor di layar, Color pada teks, kode extended keyboard dan lain sebagainya.

Perintah kursor tambahan

Posted by Rizki Labels:

Tombol
Ctrl + U =Membatalkan kegiatan
Ctrl + O + I atau Ctrl + Q + I=Meng – On atau meng – Off kan autoindent
Ctrl + P=Awal karakter kendali
Ctrl + K + D atau Ctrl + K + Q=Keluar dari editor tanpa menyimpan
Ctrl + Q + F=Mencari kata
Ctrl + Q + A=Mencari kata dan menggantinya
Ctrl + Qn=Mencari penanda tempat
Ctrl + Q + W=
Menuju ke posisi kesalahan
Ctrl + O + O=Menyisipkan penunjuk kompiler
F10=Mengaktifkan menu utama
Ctrl + F1=Pertolongan bahasa
F3=Memuat berkas
Ctrl + O + F=Mengisi On / Off secara optimal
Ctrl + Q + [=Pasangan tanda kurung kedepan
Ctrl + Q + ]=Pasangan tanda kurung kebelakang
Ctrl + L=Mengulang pencarian terakhir
Ctrl + Q + L=Menyimpan kembali baris
Ctrl + K + S atau F2=Menyimpan dan meneruskan
Ctrl + Kn=Mengatur penanda tempat
Ctrl + I atau Tab=Tab
Ctrl + O + T atau Ctrl + Q + T=Mode Tab
Ctrl + O + U Fungsi=Unindent On / Off

Perintah dasar Menggerakkan kursor

Posted by Rizki Labels:

Ctrl + S atau panah kiri =Bergerak ke kanan satu karakter
Ctrl + D atau panah kanan =Bergerak ke kiri satu kata
Ctrl + A atau Ctrl + panah kiri =Bergerak ke kanan satu kata
Ctrl + F atau Ctrl + panah kanan =Bergerak ke atas satu baris
Ctrl + E atau panah naik =Bergerak ke baah satu baris
Ctrl + X atau panah turun =Memutar layar ke atas
Ctrl + W =Memutar layar kebawah
Ctrl + Z =Kehalaman sebelumnya
Ctrl + R atau PgUp =Kehalaman berikutnya
Ctrl + C atau PgDown =Bergerak ke kiri satu karakter

Hotkey pada pascal

Posted by Rizki Labels:

Kunci Fungsi Ekivalen menu
F1 Mengaktifkan jendela pertolongan. File / Save
F2 Menyimpan berkas yang ada pada editor. File / Load
F3 Memanggil program kedalam editor. Run / Go to cursor
F4 Mengeksekusi program sampai posisi kursor. Run / Trace into
F5 Memperbesar atau memperkecil jendela yang aktif. Compile / Make
F6 Mengganti jendela yang aktif. File / Pick
F7 Melacak kedalam subrutin. File / user screen
F8 Melompati pemanggil subrutin. Compile
F9 Mengaktifkan perintah ‘Make’ Run / Program reset
F10 Berpindah dari menu-menu ke jendela yang aktif.
Alt + F1 Memanggil jendela pertolongan yang terakhir dibaca.
Alt + F3 Memilih berkas untuk dimuat.
Alt + F5 Memperlihatkan hasil eksekusi.
Alt + F6 Mengganti isi jendela yang aktif.
Alt + F9 Mengkompilasi program.
Alt + B Mengaktifkan menu Break / Watch.
Alt + C Mengaktifkan menu compile.
Alt + D Mengaktifkan menu debug.
Alt + E Mengaktifkan editor.
Alt + F Mengakaktifkan menu file.
Alt + O Mengaktifkan menu option.
Alt + R Mengaktifkan menu run.
Alt + X Keluar dari Turbo Pascal dan kembali ke DOS.
Ctrl + F1 Menampilkan menu pertolongan bahasa.
Ctrl + F2 Menghentikan pembetulan.
Ctrl + F3 Menampilkan isi tumpukan. Debug / Call Stack
Ctrl + F4 Melakukan penghitungan atau mengubah nilai peubah.. Debug / Evaluate
Ctrl + F7 Menambahkan ungkapan pada jendela watch. . B / Add Watch
Ctrl + F8 Toggles Breakpoint.. B / Toggle breakpoint
Ctrl + F9 Menjalankan program.. Run / Run
Ctrl + F10 Menampilkan versi layar monitor.

Fungsi menu pada Pascal

Posted by Rizki Labels:

1. Menu File : Didalam menu File banyak submenu yang bisa dipilih misalkan saja perintah Load / F3 yang berfungsi untuk memanggil berkas yang sudah tersimpan, dan banyak lainnya.
2. Submenu Load : Pilihan ini digunakan untuk memanggil program dari suatu folder atau directory ke dalam editor. Didalam submenu ini anda juga bisa memilih submenu yang lain dengan hanya menekan tombol huruf depan dari submenu yang dituju, contohnya anda mau ke submenu New, maka anda tinggal menekan huruf N.
3. Submenu Pick : Pilihan yang satu ini digunakan untuk mengambil salah satu dari beberapa buah program yang sebelumnya telah dimuat ke dalam jendela Edit. Hal ini ditujukan agar kita tidak perlu repot-repot lagi mencarinya di submenu load.
4. Submenu New :Program yang ada di editor akan dihapus dan program yang akan anda tulis dianggap sebagai program yang baru dengan nama NONAME.PAS, nama ini bisa anda rubah ketika anda mau menyimpannya.
5. Submenu Save [F2] : Pilihan ini digunakan untuk menyimpan suatu program yang sudah di edit ke dalam cakram atau folder, jika nama program itu masih NONAME.PAS maka Turbo Pascal akan menanyakan pada anda, nama apa yang akan anda berikan pada program yang akan disimpan tersebut. Atau anda juga bisa menekan tombol F2.
6. Submenu Write to : pilihan ini digunakan untuk menggantikan program lama dengan program yang baru (istilah kerennya Overwrite…☺). Jika nama program anda sudah ada pada cakram atau folder maka ada verifikasi dari Turbo Pascal untuk penggantian nama.
7. Submenu Directory : pilihan ini digunakan untuk menampilkan direktori dan nama-nama file yang anda inginkan. Anda juga bisa menggunakan pilihan Load.
8. Submenu Change Dir : Pilihan yang satu ini digunakan untuk menampilkan direktori yang sedang digunakan dan juga bisa digunakan untuk mengganti nama direktori yang baru.
9. Submenu OS shell : Perintah ini digunakan bagi anda yang ingin ke tampilan DOS tetapi tanpa mematikan Turbo Pascalnya, untuk kembali lagi ke Turbo Pascal, anda tinggal mengetikan “exit”, tetapi biasanya ketika anda sedang membuat suatu program atau mengedit suatu program perintah ini tidak dapat dijalankan karena kurangnya kapasitas memory.
10. Submenu Quit [Alt + x] : Dari namanya sudah jelas, perintah ini digunakan untuk keluar dari Turbo Pascal dan kembali ke prompt DOS.

11. Menu Edit : Perintah edit ini digunakan untuk mengaktifkan editor Turbo Pascal.
12. Menu Run [Ctrl + F9] : Perintah ini digunakan untuk mengeksekusi program yang sudah anda buat. Anda juga bisa menekan Ctrl + F9 untuk mengeksekusi program anda.
13. Submenu Program Reset [Ctrl + F2] : Pilihan ini digunakan untuk memberitahukan Turbo Pascal bahwa anda selesai dengan pembetulan-pembetulan dan menginisialisasi debugger untuk operasi yang lain. Pilihan ini sekaligus membebaskan pengingat yang telah dialokasikan dan menutup semua berkas, tetapi tidak merubah nilai-nilai perubah. Pilihan ini sangat berguna jika anda ingin menjalankan pilihan File / OS shell.
14. Submenu Go to Cursor [F4] : Pilihan ini digunakan untuk memulai / melanjutkan eksekusi program dimulai dari posisi saat eksekusi dimulai sampai tempat kursor berada. Jika kursor berada pada statement yang bersifat executable, seperti spasi atau baris komentar, maka eksekusi akan dilanjutkan sampai statement yang bersifat executable.
15. Submenu Trace Into [F7] :Perintah ini digunakan untuk mengeksekusi baris berikutnya, jika ada pemanggilan ke suatu subrutin, maka pelacakan akan dimulai dari statement pertama dari subrutin tersebut. Sekaligus juga akan memuat berkas-berkas atau unit Include jika dimungkinkan.
16. Submenu Step Over : Step over ini memiliki cara kerja yang hampir sama dengan Trace Into, hanya saja jika statement adalah sebuah prosedur atau fungsi, maka keseluruhan subrutin akan dikerjakan sekaligus dan debugger akan berhenti pada statement sesudah pemanggilan ke subrutin.
17. Submenu User screen [Alt + F5] : Pada umumnya perintah ini digunakan untuk melihat hasil dari program yang telah compile dan kita run. Pada tampilan ini IDE [Integrated Debugger Environment] berpindah-pindah pada saat anda menjalankan dan mendebug program. Perintah ini juga digunakan oleh File / OS shell.

Pascal (bahasa pemrograman)

Posted by Rizki Labels:

Pascal adalah bahasa pemrograman yang pertama kali di buat oleh Profesor Niklaus Wirth, seorang anggota International Federation of Information Processing (IFIP) pada tahun 1971. Dengan mengambil nama dari matematikawan Perancis, Blaise Pascal, yang pertama kali menciptakan mesin penghitung, Profesor Niklaus Wirth membuat bahasa Pascal ini sebagai alat bantu untuk mengajarkan konsep pemrograman komputer kepada mahasiswanya. Selain itu, Profesor Niklaus Wirth membuat Pascal juga untuk melengkapi kekurangan-kekurangan bahasa pemrograman yang ada pada saat itu.
Kelebihan
Kelebihan dari bahasa pemrograman Pascal adalah:

Tipe Data Standar, tipe-tipe data standar yang telah tersedia pada kebanyakan bahasa pemrograman. Pascal memiliki tipe data standar: boolean, integer, real, char, string,
User defined Data Types, programmer dapat membuat tipe data lain yang diturunkan dari tipe data standar.
Strongly-typed, programmer harus menentukan tipe data dari suatu variabel, dan variabel tersebut tidak dapat dipergunakan untuk menyimpan tipe data selain dari format yang ditentukan.
Terstruktur, memiliki sintaks yang memungkinkan penulisan program dipecah menjadi fungsi-fungsi kecil (procedure dan function) yang dapat dipergunakan berulang-ulang.
Sederhana dan Ekspresif, memiliki struktur yang sederhana dan sangat mendekati bahasa manusia (bahasa Inggris) sehingga mudah dipelajari dan dipahami.
Bahasa PASCAL juga merupakan bahasa yang digunakan sebagai standar bahasa pemrograman bagi tim nasional Olimpiade Komputer Indonesia (TOKI). Selain itu, Bahasa PASCAL masih digunakan dalam IOI (International Olympiad in Informatics).
Tipe Data
Dalam bahasa Pascal terdapat beberapa jenis tipe data yang bisa digunakan untuk sebuah variabel atau konstanta pada program. Tipe Data tersebut antara lain adalah

Tipe Data Deskripsi (range variabel)
Byte angka dari 0 sampai 255
Integer angka dari -32768 to 32767
Real semua nilai pecahan dari 1E-38 to 1E+38
Boolean nilai TRUE atau FALSE
Char semua karakter dari tabel ASCII
String semua huruf, spasi, frase

WELCOME